Pengertian Dasar Komputer

BAB 1
PENGERTIAN DASAR KOMPUER
Kata Komputer berasal dari bahasa latin Compute yang berarti menghitung di lihat dari arti kata tersebut dapat di tebak bahwa manusia menciptakan komputer pertama kalinya untuk membantu dalam perhitungan .Komputer tidak hanya untuk menghitung saja nemun hampir semua aspek kehidupan dapat di lakukan lebih mudah dan cepat dengan komputer Sedangkan definisi kata komputer menurut Donald H Sunders :"Sistem Elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan menyimpan data input memprosesnya dan menghasilkan Output di bawah pengawasan suatu langkah -langkah instruksi - instruksi progam yang tersimpan di memory (Stored Progam) Unsur dalam Komputer
1. Hardware merupakan perangkat keras komputer atau bagian komputer yang nyata dan dapat di sentuh.Secara garis besar perangkat keras komputer terdiri atas dua komponen utama yaitu :
  • Input
bagian ini memiliki peran dalam memasukkan senua perintah ataupun data ke dalam komputer.Sedangkan komponen input pada komputer yang utama adalah
Keyboard
Merupakan komponen yang sebagian besar perintah di masukkan atau bisa di bilang ibarat mengemudi mobil komponen keyboard ada kemudinya Sedangkan pada Keyboard mempunyai 3 perintah tombol utama yaitu : Tombol Huruf, Tombol Angka, dan Tobol Fungsi. Ketiganya memiliki peran masing - masing seperti tombol huruf berfungsi untuk memasukkan data dalam bentuk angka.Tombol fungsi untuk memasukkan perintah - perintah Khusus
MOUSE
Pada awal era munculnya komputer komponen ini belom di gunakan namun pada perkembangannya banyak perintah di keyboard yang di anggap kurang lengkap dan kurang cepat.Sehingga di gunakan komponen penunjang untuk keyboard yaitu yang di sebut MOUSE
Scanner
Alat ini tidaklah mutlak harus ada karena peran alat ini yang di perlukan hanya pada kalangan tertentu .Scanner merupakan komponen Input yang memiliki fungsi untuk memasukkan data dalam bentuk gambar dalam komputer.Sehingga dapat di ketahui bahwa pengguna scanner yang banyak adalah kalangan advertising karena alat ini akan sangat membantu desain gambar
  • OutPut
Komponen ini merupakan komponen yang tergolong komponen penghasil atau komponen yang menampilkan hasil dari kata atau perintah yang kita masukkan melalui input.sedangkan komponen Utama OutPut adlah sebagai berikut : A. Monitor Komponen yang merupakan televisi ini memiliki fungsi untuk menampilkan data atau perintah yang kita masukkan atau komponen ini di sebut juga komponen OutPut visualisasi monitor dapat di golongkan ke dalam beberapa kelompok berdasarkan kualitas dari gambar yang di hasilkan dan juga komponen di dalamnya.Apabila di lihat dari komponen utama monitor dapat di bagi menjadi 2 OutPut Device.
.:Monitor CRT (Catoda Right Tup) :.
Yaitu Monitor ini mempunyai Prinsip kerja dengan menggunakan tabung di dalamnya, sehingga penampilannya tampak besar dengan menggunakan tabung di belakang layar.Monitor CRT memiliki beberapa jenis berdasarkan kualitas gambar yang di hasilkan. Macam- macam Monitor CRT 1. Monocrome Adalah Monitor jenis CRT yang hanya bisa menampilkan 2 warna saja.Monocrome di bagi menjadi 2 jenis yaitu a. Monocrome Black White yaitu monitor CRT yang hanya bisa menampilkan warna hitam dan putih. b. Monocrome Black Green yaitu Monitor jenis CRT yang hanya bisa menampilkan warna hitam dan hijau. 2. CGA (Color Graphic Adapter) Adalah merupakan jenis monitor yang dapat menghasilkan warna pada tampilan gambar atau teks monitor sejumlah kurab\ng lebih 16 warna. 3. VGA (Video Graphic Array) Adalah merupakan jenis monitor yang dapat menghasilkan warna pada gambar atau teks pada monitorsejumlah kurang lebih 256 warna 4. SVGA (Super Video Graphic Array) Adalah merupakan jenis monitor yang sempurna di banding jenis monitor sebelumnya karena jenis monitor ini mapu menampilkan warna hingga ribuan. .:LCD:.
Jenis monitor ini sering di gunakan untuk monitor laptob karena monitor ini tidak memerlukan tabung namun menggunakan sejenis cairan atau gell untuk menampilkan gambar.sehingga penampilan LCD keliahatan lebih tipis di banding dengan monitor CRT selain dari keunggulan yang tipis monitor ini juga berlayarkan datar sehingga lebih nyaman untuk mata

Hal- hal yang tidak boleh di lakukan pada LCD(LIQUID CRYSTAL DISPLAY)
1. Menyentuh layar LCD secara langsung dengan menggunakan alat yang keras 2. Menaruh LCD yang dapat mudah tekena sinar matahari secara langsung.
2 PRINTER
Printer merupakan komponen OutPut komputer yang mempunyai fungsi menampilkan hasil dari data yang di masukkan lewat input tampilan hasilnya berupa cetakan di atas kertas ataupun diatas media lainnya.Dalam penggunaannya printer mempunyai berbagai jenis menurut bahan pencetaknya di antaranya adalah.
.:DOT MATRIX:.
Merupakan jenis printer yang paling hemat , printer ini menggunakan media pita karbon untuk mencetak sehingga biayanya sangat murah akan tetapi kelemahan printer ini tidak mampu untuk mencetak gambar dengan resolusi warna yang tinggi.
.:BUBBLE JET :.
Melihat sisi kelemahan printer dot matrix, maka terciptalah printer jenis BUBBLE JET, Printer ini menggunakan media tinta untuk mencetak data sehingga data cetakan menjadi lebh bagus walaupun di gunakan mencetak data dengan resolusi warna yang tinggi.akan tetapi operasionalnya printer ini lebih mahal di banding dengan printer Dot Matrix.
.:LASER JET:.
Jenis printer ini mempunyai cara kerja yang mirip dengan mesin fotocopy.media yang digunakan semua yaitu semacam serbuk, sehingga hasil cetakannya lebih baik dan lebih cepat di banding dengan printer BUBBLE JET.Tetapi biayanya paling mahal, karena serbuk printer ini harganya tergolong mahal.
3 CPU(Central Proccesing Unit)
CPU merupakan tempat protokolnya komponen- komponen utama yang menjadi penentu kemampuan komputer dalam bekerja.komponen - komponen utama yang dapat mensupport kinerja komputer adalah sebagai berikut :
.:PROCESSOR:.
Processor merupakan komponen komputer yang sangat penting, ibarat manusia processor merupakan otaknya sehingga kemampuan komputer sangat di tentukan oleh processor processor memiliki 2 macam jenis sesuai dengan tempat menempelnya pada motherboard, yaitu jenis Socket(Kotak)dan jenis Slot(panjang). Kecepatan / Ukuran Processor 1024Hz = 1 KHz (Kilo) 1024Kz = 1 MHz (Mega) 1024MHz = 1 GHz (Giga) 1024GHz = 1 THz (Terra) .:MAINBOARD/MOTHER BOARD:.
Mother board adalah board utama dalam PC disebut "Mother"karena menjadi tempat utama untuk komputer lain, seperti processor, memory, RAM, BIOS, multi i/o card dan lain - lain.Letak motherboard tergantung dari jenis casing yang digunakan Apabila cassing yang digunakan type dekstop motherboard terletak di bagian paling bawah sedangkan cassing type Tower cassing terletak dibagian samping



.:MEMORY:.

RAM(Random Access Memory)
ROM

Bagian yang berada di memory
  1. Input Storage : digunakan untuk menampung input melalui alat
  2. Progam Storage : Untuk menyimpan Instruksi - instruksi progam
  3. Working Storage : Untuk menyimpan data yang akan di olah
  4. OutPut Storage : Untuk menampung hasil akhir pengolahan data yang akan ditampilkan ke Output
Jenis - jenis RAM
  1. EDO RAM(yang kecil)
  2. SD RAM(Lubangnya ada 2)
  3. DD RAM (Lubang ada 1)
  4. RD RAM
Satuan didalam komputer
  1. TERRA
  2. GIGA
  3. MEGA
  4. KILO
  5. MILLI
  6. MICRO
  7. NANO
  8. PICO
  9. FEMTO
  10. ATTO
    BAB 2

    PENGENALAN HADWARE
    Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
    prosesor

    Hardware
    dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
    Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
    1. input divice (unit masukan)
    2. Process device (unit Pemrosesan)
    3. Output device (unit keluaran)
    4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
    5. Periferal ( unit tambahan)
    Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
    1. Unit Masukan ( Input Device )

    Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
    Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
    • Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
    • Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
    Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
    a. Keyboard
    Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
    gambar-211.jpg
    keyboard qwerty

    Jenis-Jenis Keyboard :
    1.) QWERTY
    2.) DVORAK
    3.) KLOCKENBERG
    Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
    1. typewriter key
    2. numeric key
    3. function key
    4. special function key.
    b. Mouse

    Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
    mouse
    perangkat mouse
    Mouse Wireless c. Touchpad
    Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
    gambar-213a.jpg
    Touch Pad
    gambar-213b.jpg
    Touch Pad Track Ball
    gambar-213c.jpg
    Pointing Stick
    d. Light Pen
    Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
    gambar-214.jpg
    perangkat Light Pen
    e. Joy Stick dan Games Paddle
    Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
    gambar-215.jpg
    Gambar Joy Stick dan Paddle Games
    f. Barcode
    Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
    gambar-217.jpg
    Barcode Reader
    gambar-216.jpg
    contoh barcode
    Gambar Barcode
    g. Scanner

    Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
    gambar-218.jpg
    Scanner
    Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
    h. Kamera Digital

    Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
    gambar-219.jpg
    kamera digital
    i. Mikropon dan Headphone
    Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
    gambar-220.jpg
    headphone
    j. Graphics Pads
    Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
    graphics_pads


    2. Process device (unit Pemrosesan)

    Power Supplay

    Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).
    power supply

    RAM (Random Access Memory) – Memory
    RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi. pengertian ram lebih detail klik di sini
    RAM

    Kartu grafis (unit keluaran)
    Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.
    kartu grafis

    Prosesor (unit pemprosesan)
    Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda, pengertian prosesor <– lengkap klik di sini
    prosesor

    Motherboard (unit pemprosesan)

    Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
    Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
    motherboard


    3. Output device ( Unit keluaran )

    Monitor
    monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
    monitor

    Printer
    Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet. klik di sini –> pengertian printer lebih detail
    printer

    speaker
    Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
    speaker


    4. Backing Storage ( unit penyimpanan)

    Harddisk (HDD)

    Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
    Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
    Dalam perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung.
    harddisk


    5. Periferal (unit tambahan)

    Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atau periferal antara lain
    Modem

    pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog, klik di sini untuk pengertian modem lebih detail

    kartu suara

    Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
    - Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
    - Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
    - Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire
    kartu suara
    BAB 3 

    Pengoperasian dan Troubleshooting Sistem Operasi

    1.  Mematikan, Me-restart dan melakukan Stand-by Mode pada Komputer                                            
  11. Mematikan dan Me-Restart Komputer
- Klik pada tombol Start, yang akan diikuti oleh tampilnya Start Menu.
- Klik pada Shutdown yang akan diikuti oleh tampilnya kotak dialog ShutDown Windows.
- Pilihlah Shut Down untuk mematikan komputer dan,
- Re-Start untuk me-restart. Lalu klik OK.
  • Melakukan Stand-By
Ketika komputer anda berada pada kondisi Stand-by Mode, maka
komputer anda akan menghabiskan energi listrik yang lebih sedikit,
akan tetapi dapat di nyalakan kembali secara cepat.
- Klik pada tombol Start, yang akan diikuti oleh tampilnya Start Menu.
- Klik pada Shutdown yang akan diikuti oleh tampilnya kotak dialog Shut Down Windows.
- Pilihlah Stand-by Mode lalu Klik OK.
2. Memulai Sebuah Program

Berikut adalah langkah-langkah untuk memulai sebuah program:
- Klik pada tombol Start yang terletak pada bagian kiri bawah dari layar anda. - Sorot pada Programs yang akan diikuti oleh munculnya Program Menu. - Jika anda melihat ada tanda panah, artinya pada bagian itu terdapat menu bagian yang lain. - Carilah program yang ingin anda jalankan dan klik pada program tersebut untuk memulainya.

3. Window (jendela dialog)

Apa yang dimaksud dengan windows dapat dilihat pada gambar
dibawah.

Gambar 1. windows dan bagian-bagiannya
Untuk mengubah focus dari window window terdapat 3 cara yaitu : - Klik dimana saja pada window yang anda focuskan. - Tekan Alt-Tab tanpa melepasnya, lalu pilihlah window yang ingin anda fokuskan. - Semua window yang sedang active ditampilkan pada taskbar. 
- Klik pada tombol window yang berada pada taskbar untuk memberi focus pada window tersebut.
4. Menemukan file/direktori dengan cepat

Windows menyediakan fasilitas Search yang dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
- Klik pada tombol Start. - Sorotlah Find. - Sorotlah Files or Folders. - Tekan Enter. Setelah kotak dialog muncul, isilah nama file/isi teks dari file atau direktori yang anda cari.
5. Dekstop Shourtcut

Desktop shourtcut, biasanya dilambangkan dengan sebuah icon. Icon adalah sebuah file kecil yang mewakili sebuah program, file, direktori, dokumen atau alamat internet. Icon terletak pada desktop. Dengan melakukan double klik (klik dua kali secara cepat) sebuat shourtcut icon, anda akan dibawa langsung ke object yang di wakilkan oleh shourtcut tersebut. Shourtcut hanyalah sebuah penunjuk, sehingga menghapus shourtcut tidak akan menghapus program, file, direktori, dokumen atau alamat internet yang di wakilkan.

             Untuk membuat sebuah desktop shourtcut dari item start menu dapat diikuti langkah-langkah berikut : 
- Klik pada start menu dan temukan item yang ingin anda buat shortcutnya. 
- Klik kanan pada item tersebut tanpa melepasnya dan bawa item tersebut ke desktop anda. 
            Untuk membuat sebuah desktop shourtcut dari item Windows Explorer dapat diikuti langkah-langkah berikut : 
- Bukalah Windows Explorer. 
- Temukan item yang akan dibuat shortcutnya pada Windows Explorertersebut. 
- Klik kanan pada item tersebut lalu sorot Send to pilih pada desktop (create Shourtcut). - Untuk membuat dekstop shourtcut dari alamat internet, dapat dilakukan dengan meng-klik kiri pada link yang ingin anda buat shortcutnya, tanpa melepaskan gerakkan dan lepaskan klik-an pada desktop.

6. Setting Hari ,Tanggal, dan Waktu

- Klik pada Start Menu 
- Settings  
- Control Panel 
- Date/Time.

7. Display Properties

Dispaly adalah salah satu fasilitas windows untuk merubah watak display sesuai yang diinginkan oleh user. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan terkait pengaturan display melalui display properties ini:
- Mengubah Setting Wallpaper (Background dari Dekstop/ Windows)
- Mengubah Setting Screen Saver
- Screen Saver ialah animasi atau tampilan pada layar jika dalam selang waktu tertentu keyboard atau mouse tidak disentuh.
- Mengubah Tampilan Layar (Appearance)
- Mengubah Setting Performa Layar (memperkecil/memperbesar layar, memperhalus pixel dll)

Bagaimana untuk masuk ke display properties? Ada 2 cara :

a) Klik Kanan pada Background Dekstop - Properties
b) Start menu - Settings - Control Panel - Display
8. Mematikan program yang membeku

          Ketika anda bekerja dengan suatu program, tidak selamanya program tersebut bekerja dengan baik. Ada kalanya program tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga tidak dapat menerim perintah-perintah dari pemakai. Dalam keadaan ini dikatakan bahwa program itu telah membeku atau biasa kita sebut dengan istilah “Hang”. Pada umumnya tidak ada cara untuk memperbaiki program yang “Hang”, tetapi anda dapat mematikan program tersebut secara paksa. Berikut adalah langkah-langkahnya :
          Tekanlah Ctrl+Alt+Del pada keyboard secara bersamaan, maka akan muncul dialog box seperti gambar di bawah :
Gambar 2. Tampilan Task Manager
Untuk mematikan program, pilihlah nama program yang akan dimatikan, lalu tekan tombol “End Task”.
9. Menghapus Program dari Windows
- Start Menu
- Control Panel 
- Add/Remove Program
       Pilihlah program yang ingin dihapus. Lalu tekan Add/Remove. Sebenarnya dengan menggunakan fasilitas ini, anda pun dapat menginstall sebuah program ke komputer anda.
10. Memperbaiki Kerusakan pada Disk

         Kerusakan yang terjadi pada sebuah disk akan sangat mempengaruhi performa dari disk tersebut. Untuk memperbaikinya dapat diikuti langkah-langkah berikut :
- Bukalah My Computer atau Windows Explorer
- Klik kanan pada drive tujuan (yang akan diperbaiki) dan pilihlah Properties.
- Lalu Klik tab Tools.
- Pilih “Check Now” pada bagian Error Checking.
- Dengan memilih Automaticaly fix file system errors windows akan secara otomatis memperbaiki setiap kerusakan yang ditemuinya.
 Gambar 3. Tampilan Scan Disk
11. Men-Defrag Hardisk
           Secara normal, komputer menyimpan data pada hardisk secara continue. Akan tetapi, pada keadaan tertentu komputer menyimpan data tersebut secara terpecah-pecah. Dalam keadaan seperti ini, komputer akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membaca data dari hardisk. Untuk menyatukan data yang terpecah-pecah menjadi data yang continue, gunakanlah program defragmentasi.
          Untuk mengoperasikan program Defragmentasi pada Windows dapat diikuti langkah-langkah berikut : 
- Bukalah windows explorer, pilih drive mana yang akan anda defrag. Misalnya C:/
- Sorot drive yang anda pilih, lalu tekan/klik bagian kanan mouse yang anda gunakan.
- Pilih properties
- Setelah muncul kotak dialog properties tab ke bagian tools
- Selanjutnya pilih menu defragment now. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di berikut:
 Gambar 4. Tampilan Disk Defragment
BAB 4
REGISTRY WINDOWS
Registry, dalam platform sistem operasi Microsoft Windows 32-bit, merupakan sebuah basis data yang disusun secara hierarkis yang mengandung informasi mengenai konfigurasi sebuah sistem, mulai dari konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya hingga preferensi pengguna.
Registry
Registry merupakan pengganti berkas-berkas konfigurasi *.INI yang digunakan dalam sistem Windows 16-bit (Windows 3.x dan Windows for Workgroups). Registry, pertama kali diperkenalkan di dalam sistem Windows 16-bit sebagai penampung informasi mengenai pemetaan/asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya, dan kemudian dikembangkan menjadi basis data dengan cakupan yang luas pada sistem-sistem operasi keluarga Windows NT. Registry juga kemudian digunakan pada sistem operasi kelas rumahan: Windows 95, Windows 98 dan Windows ME, tapi memang implementasi yang cukup bagus dari registry terdapat di dalam keluarga sistem operasi Windows NT.
Jenis-jenis registry:
  • Registry dalam Windows 16-bit:
Registry dalam sistem Windows 16-bit (dimulai pada Windows 3.x) berguna hanya untuk menyimpan asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya, serta asosiasi objek OLE (Object Linking Embedding) di dalam dokumen dengan aplikasinya. Implementasi ini masih terbilang sederhana, karena jika dibandingkan dengan registry dalam Windows NT dan Windows 9x, asosiasi ekstensi berkas dan objek OLE hanya memakan satu anak pohon (subtree) saja, yakni di dalam HKEY_CLASSES_ROOT.
  • Registry pada Windows 9x:
Dalam sistem operasi Windows 95, Windows 98, dan Windows Millennium Edition, struktur registry secara logis sama dengan struktur registry dalam Windows NT, tapi tidak kompatibel secara fisik.
Dalam sistem operasi ini terdapat sebuah anak pohon tambahan, yakni HKEY_DYN_DATA yang dibuat secara dinamis dan digunakan untuk mengukur performa serta melakukan konfigurasi perangkat keras Plug and Play. Windows 9x menyimpan registry di dalam dua buah berkas, yakni %WINDIR%\system.dat dan %WINDIR%\user.dat. System.dat mengandung informasi mengenai sebuah komputer tertentu,sementara user.dat mengandung informasi mengenai sebuah profil milik pengguna. Ketika booting, Windows 9x akan memuat registry ke dalam ruangan kernel di dalam memori fisik.
  • Registry dalam Windows NT dan turunannya:
Registry dalam Windows NT, Windows 2000, Windows XP dan Windows Server 2003 terbagi secara logis ke dalam lima buah anak pohon (subtree), yang setiap pohon tersebut mengandung kumpulan kunci (key) dan anak kunci (subkey) yang disusun secara hierarkis. Susunan ini sama dengan susunan direktori dalam sistem berkas. Sementara itu, secara fisik, registry terdiri atas beberapa berkas yang disebut sebagai hive dan berkas catatan transaksi (transaction log) untuk setiap hive-hive tersebut yang disimpan di dalam direktori %systemroot%\system32\config.
Fisik file registry:
  • Umum:
Registry Windows disimpan dalam beberapa berkas, tergantung sistem operasi Windows yang digunakan. Nama berkas-nya pun kadang-kadang berbeda-beda antar versi sistem operasi, tapi semua berkas tersebut disimpan di dalam mesin lokal, kecuali NTuser.dat yang dapat diletakkan di dalam komputer lainnya untuk mengizinkan fungsi roaming profile dan group policy dalam Windows NT, yang umumnya disimpan di dalam server dalam jaringan lokal.
  • Pada Windows NT, 2000, XP, dan Server 2003:
Berkas-berkas berikut merupakan berkas registry untuk sistem operasi Windows NT, Windows 2000, Windows XP dan Windows Server 2003: %systemroot%\system32\config\Sam –HKEY_LOCAL_MACHINE\SAM.
%systemroot%\system32\config\Security – HKEY_LOCAL_MACHINE\SECURITY
%systemroot%\system32\config\Software – HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE.
%systemroot%\system32\config\System – HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM.
%systemroot%\system32\config\Default – HKEY_USERS\.DEFAULT
%systemroot%\system32\config\Userdiff
%UserProfile%\Ntuser.dat – HKEY_USERS\ (HKEY_CURRENT_USER)
%UserProfile%\Local Settings\Application Data\Microsoft\Windows\Usrclass.dat –
HKEY_USERS\_Classes (HKEY_CURRENT_USER\Software\Classes)
  • Pada Windows 95, 98, dan ME:
Berkas-berkas berikut merupakan berkas registry untuk sistem operasi Windows 95, Windows 98 dan Windows Millennium Edition.
C:\WINDOWS\User.dat
C:\WINDOWS\System.dat
C:\WINDOWS\Classes.dat (khusus Windows ME)
  • Pada Windows 3.x:
Dalam Windows 3.x, registry hanya disimpan di dalam sebuah berkas, yakni C:\WINDOWS\Reg.dat saja.
Karena begitu pentingnya registry ini, maka disarankan tidak untuk diubah-ubah kecuali memang orang tersebut sudah paham tentang registry (Advanced User). Namun bila ada yang mau coba-coba bermain dengan registry maka disarankan untuk membackup seluruh registry agar apabila ada kesalahan tidak perlu melakukan install ulang windows dan System Restore tidak dimatikan.

Sumber: AZEZ KANDAS


0 komentar:

Silahkan berkomentar kawan untuk menjalin silaturahmi :)
Kritik dan saran sangat saya harapkan, demi kemajuan blog ini.
Terima Kasih..... :)