Mendiagnosis Permasalahan atau Kerusakan Pada Peripheral Komputer

 Pada kesempatan kali ini, saya memposting tentang Mendiagnosis Permasalahan atau Kerusakan Pada Peripheral Komputer. Mungkin kalian sebel ya kalo peripheral kalian rusak... 
Maka dari itu, baca postingan yang sederhana ini!! :D
 Cara Mengenali Kerusakan pada Power Supply


Gejala/Tanda-tandanya :

  1. Komputer tidak merespon pada saat tombol power ditekan/dinyalakan.
  2. LED dan CPU tidak menyala. (Pastikan dahulu apakah Front Panel sudah terpasang dengan benar dan semua kabel dari PSU juga sudah terpasang Semua pada Motherboard dan peripheral lainnya)
  3. Kipas/Fan pada Power Supply tidak berputar (Cek pada bagian belakangya).
  4. Monitor tidak menyala.

Cara Mendiagnosa :

   Pastikan agar kabel power supply terhubung dengan baik ke socket motherboard dan tombol On/Off dalam keadaan On (tidak semua model Power supply ada tombol on/off). Jika semua dalam keadaan normal cobalah untuk mengganti kabel power yang terhubung langsung dengan listrik dengan kabel power komputer lain yang masih baik. Jika tetap tidak menyala maka anda dapat mengganti power supply baru.
Tambahan :
   Jika kerusakan hanya terjadi pada power supply, maka komputer anda akan kembali menyala seperti sedia kala terkecuali terdapat kerusakan pada komponen lainnya seperti pada Motherboard, VGA card atau Memory RAM.

Cara Mengenali Kerusakan pada Harddisk
Gejala/Tanda-tandanya :
  1. Sering Muncul Pesan Error pada saat meng-copy File seperti Bad Sector, dsb. 
  2. Pada saat booting terdapat pesan “disk error, disk failure” setelah itu terdapat pesan “Press F1 to Continue“. Bila menekan F1 berikutnya akan muncul pesan “Operating system not found
  3. Pada saat komputer dinyalakan muncul pesan “Operating system not found
Cara Mendiagnosa :
   Terdapat 2 jenis Bad Sector yaitu physical dan software. Anda dapat mencoba untuk mendiagnosa dengan menggunakan software terlebih dahulu seperti Bad Sector Remover, HDD Bad Sector Repair, dsb.
   Untuk mendiagnosa kerusakan bad sector secara physical, periksa kabel power harddisk dan kabel data yang terhubung dengan hard disk secara langsung. Cobalah utuk mencabut dan mengencangkan kembali kabel tersebut dan ganti dengan kabel lain yang masih berfungsi baik.
   Jika Muncul pesan Keselahan Operating system not found Ada kemungkinan terjadi kerusakan pada operating system yang sobat pakai. Biasanya terjadi file corrupt. Cobalah melakukan repair dengan menggunakan CD/DVD Windows atau menginstal ulang OS Sobat.

Cara Mengenali Kerusakan pada Motehrboard
Gejala/Tanda-tandanya :

  1. Tidak ada Gambar ketika Komputer Dinyalakan
  2. Lampu LED pada CPU menyala
  3. Kipas Power Supply dan CPU tetap berputar
  4. Tidak terdengar suara Beep pada saat dinyalakan

Cara Mendiagnosa :

    Lepaskan semua kabel yang terhubung dengan listrik seperti kabel power supply dan monitor. Kemudian bukalah casing CPU sobat dan lepaskan kabel yang menghubungkan power supply dengan motherboard (core cable)  bawa ketempat terang dan perhatikan pada bagian Chip (IC), transistor, Elko, Bios CMOS, dsb apakah terdapat tanda seperti kehitaman atau bercak keputihan? Umumnya kerusakan pada motherboard adalah terjadinya angus atau juga terbakarnya komponen-komponen kecil yang disebutkan diatas.

Cara Mengenali Kerusakan pada VGA Card


Gejala/Tanda-tandanya :

  1. Gambar menunjukkan bayangan / warna warni yang mengganggu pemandangan (gejala awal).
  2. PC Menyala, tapi pada Monitor tidak ada Gambar (Lampu LED Berkedip)

Cara Mendiagnosa :

   Cobalah untuk menyalakan PC sobat, lalu lepas kabel yang menghubungkan monitor dengan VGA sobat. Umumnya kerusakan pada VGA dapat dikenali apabila monitor tidak menyala pada saat kabel terhubung dan akan menyala dengan tulisan “No Signal” pada saat kabel dilepaskan dari VGA.



Cara Mengenali Kerusakan pada CD/DVD ROM & Floopy Disk


Gejala/Tanda-tandanya :

  1. Meng-Copy File selalu gagal ditengah (umumnya disebabkan oleh optik CD/DVD / Floppy yang melemah.
  2. Burning CD/DVD memakan waktu yang lebih lama atau gagal ditengah jalan (gejala awal)
  3. Tutup Cover CD/DVD ROM sulit terbuka.
  4. Dapat membaca CD/DVD tapi tidak dapat mengkopi atau mengakses isi CD/DVD.

Cara Mendiagnosa :

    Periksa kekencangan kabel yang terhubung pada hardware CD/DVD. Periksa pada BIOS, apakah hardware CD/DVD ROM terbaca disana. Bila tutup cover CD/DVD ROM mulai sulit terbuka, maka terjadi kerusakan / aus pada roda karet yang menggerakkan tutup cover. Anda dapat menggunakan benda runcing seperti peniti untuk menusuk lubang kecil pada kanan bawah tutup cover untuk membukanya.



Sekian dan Terima Kasih. ^_^

0 komentar:

Silahkan berkomentar kawan untuk menjalin silaturahmi :)
Kritik dan saran sangat saya harapkan, demi kemajuan blog ini.
Terima Kasih..... :)